Friday, April 10, 2009

nyontreng

saatnya menyontreng, Indonesia!
ga zaman lagi tuh yang namanya nyoblos, sekarang adalah eranya nyontreng yang kalo bokap bilang 'nyentang' bukan 'nyontreng', padahal artinya sama aja. haha.

taun ini, pemilu di Indonesia udah ga pake sistem coblos lagi.
pemilu yang diadain 5 taun sekali ini dianggap suatu event yang langka sama orang-orang. karena itu jugalah gue dan seluruh murid kelas 2 (kayaknya utas juga) dapet tugas buat neliti dan ngawas proses pemungutan suara di TPS terdekat. nyebelin kan? tapi tenang tugasnya berkelompok kok. sekelompok 2 orang, itu mah sama aja ngerjain sendiri. yeegak?

oke, gue kebagian tugas ngambil foto dan tugas laporan urusan tia. soal nama panitia dan kawan-kawannya ngarang ajalah. akhirnya gue pun ikut ke TPS, walaupun gue ga ikut nyontreng. di TPS di pasang contoh surat suara. busyeeee, gue liatnya jereng. banyak banget bos calegnya. mana tulisan ama fotonya imyut-imyut, jadi ga keliatan deh mana caleg yang ganteng :p

gue nunggu giliran keluarga gue nyontreng ada kali setengah jam-an. yang pertama di panggil bokap, trus kakak gue, nyokap, sama si iyu dan gue nunggu diluar dan ngambilin foto berasa jurnalis. pertama keluar kakak gue, trus bokap dan nyokap sama si iyu masih nyangkut di bilik. nampaknya mereka asik telepon-teleponan di dalem. gue sama kakak gue cuma bisa ngakak ngeliat nyokap bantuin iyu milih. maklum iyu ga bisa baca-tulis. orang buka surat suara aja kebalik. HAHA
kayaknya pemerintahan yang baru harus bener-bener galakin pendidikan deh. biar orang-orang pada bisa baca tulis.

setelah nyokap dan iyu udah selesai asik sms-an, akhirnya mereka keluar dari bilik suara dan gue nunggu di pintu keluar mau ngambil gambar buat tugas.

nampaknya sistem nyontreng ini nimbulin banyak masalah. mulai dari banyaknya golput, sistem administrasi yg berantakan dsb. yaaa, semoga aja partai yang menang bisa bawa indonesia ke tahap yang lebih baik dan caleg yang gagal ga pada stress dan gila :p

No comments:

Post a Comment

what's your opinion?